Siapa penyanyi asli Chaiyya Chaiyya

 
Masih terasa lagu Chaiyya Chaiyya mendadak tenar setelah seorang briptu norman kamaru menyanyikannya dalam bentuk lipsync.Banyak orang mengira bahwa lagu chaiyya-chaiyya tersebut dibawakan oleh Sharhrukh Khan seperti yang kita lihat pada filmnya.

Tapi bila kita ingat-ingat Sharhrukh Khan bukankah ia seorang aktor bukan penyanyi. Perlu diketahui juga bahwa Briptu Norman hanya meniru idolanya, Shahrukh Khan, yang ternyata juga melakukan proses lipsync di lagu Chaiyya Chaiyya. Dan 'kekeliruan' ini sudah terlanjur terbentuk di benak publik, jika penyanyi Chaiyya Chaiyya adalah Shahrukh Khan, dan jadilah 'Briptu Norman Shahrukh Khan dari Gorontalo'

Lalu siapa penyanyi asli Chaiyya Chaiyya? Adalah Sukhwinder Singh, sosok penyanyi yang membawakan lagu Chaiyya Chaiyya di film DIL SE. Dalam film produksi tahun 1998 ini, Shahrukh Khan tampil sangat apik dan meyakinkan melakukan aksi lipsync-nya sambil tetap menari-nari ala film khas Bollywood. Dalam salah satu adegan, Khan menari dan menyanyi Chaiyya Chaiyya diiringi serombongan penari latar, salah satunya dengan Malaika Arora. Semuanya tampak alami dan meyakinkan.

Bagi sebagian besar penikmat film Bollywood tentu sudah hal biasa jika di setiap filmnya selalu menyertakan playback singer, yaitu seorang penyanyi yang menyanyikan lagu-lagu di film India. Sementara para pemain filmnya hanya melakukan lipsync sambil menari-nari sesuai arahan koreografer.

Jadi sudah jamak jika di perfilman Bollywood selalu ada anugerah untuk kategori Playback Singer. Ambil contoh lagu Chaiyya Chaiyya di film DIL SE juga memborong penghargaan di ajang penghargaan Filmfare Awards Bollywood (1999) untuk Best Choreography (Farah Khan), Best Lyricist (Gulzar) dan Best Male Playback (Sukhwinder Singh).

Nama Sukhwinder Singh di India sudah sangat tenar sebagai playback singer. Dia juga penyanyi di balik lagu Jai Ho, yang fillmya super tenar dan memborong berbagai penghargaan salah satunya Academy Award untuk kategori Best Original Song. Bersama komposer A. R. Rahman, Singh kerap mencetak lagu-lagu top hit yang digunakan di film-film A-list Bollywood.

Singh sendiri juga kerap menjadi playback singer untuk Shahrukh Khan, seperti di Chaiyya Chaiyya (DIL SE), Dard-E-Disco (OM SHANTI OM), Chak De India (CHAK DE! INDIA), Haule Haule (RAB NE BANA DI JODI) dan Marjaani (BILLU) yang semuanya menjadi lagu-lagu hit.
Shahrukh Khan sendiri tak selamanya butuh playback singer. Aktor MY NAME IS KHAN ini juga pernah menyanyikan lagu-lagunya sendiri di beberapa film, seperti di film JOSH (2000 - lagu Apun Bola) dan CHAK DE INDIA(2007 - lagu Sattar Minute), meski bagi sebagian penikmat film Bollywood, suara Khan tak semerdu suara playback singer.

Ya, terlepas dari penilaian merdu atau tidak, akting Shahrukh Khan di film DIL SE membuat Briptu Norman sukses jadi artis baru jebolan Youtube dan membawa sosok Polisi yang tegas berwibawa jadi lebih

Powered by : Crystal X - Obat Keputihan