Tips Merawat Kesehatan Vagina


WANITA DAN KESEHATAN - Banyak di temukan di berbagai lapisan masyarakat umum dengan pemukiman yang kumuh dan tidak tersentuh oleh pihak pemerintah, mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesehatan desanya dan perorangannya, apalagi untuk kaum wanita, Satu contoh untuk wanita yang menginginkan sehat dari dalam tubuhnya harus selalu memperhatikan dari kesehatan semua organ tubuhnya sendiri, misalkan untuk daerah rawan organ intim yang selalu riskan dengan penyakit yang mengancamnya. Berikut ini 7 Tips Merawat Kesehatan Vagina secara alami dan bisa di lakukan oleh setiap wanita dimanapun berada.

Daerah kewanitaan lebih rentan berbau tidak sedap dan terasa gatal. Ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan vagina. Alhasil, vagina seringkali mengalami infeksi bakteri atau jamur. Ingat! Daerah kewanitaan membutuhkan perawatan khusus setiap hari. Menjaga kebersihan vagina merupakan sebuah keharusan bagi setiap wanita.

Tips Merawat Kesehatan Vagina:

1. Bersihkan vagina dan area di sekitar organ kewanitaan
setiap hari dengan menggunakan air hangat dan sabun dengan formula ringan. Pembersihan ini bertujuan untuk mencegah bau dan berkembangnya bakteri yang merugikan.

2. Pada dasarnya vagina memiliki kemampuan membersihkan dirinya sendiri secara alami
dengan mengeluarkan cairan berwarna bening atau putih. Oleh karena itu, pemakaian alat pembersih yang mengandung bahan kimia berlebihan dapat merusak proses pembersihan alami tersebut. Jika Anda ingin menggunakan pembersih kewanitaan, pilihlah yang terbuat dari bahan alami dengan PH yang sesuai. Berhati-hatilah dalam memilih produk pembersih vagina untuk menghindari risiko terkena iritasi dan efek samping lainnya.

3. Sehabis buang air besar, siramlah air dari arah depan ke belakang.
Hal ini dilakukan untuk mencegah kotoran atau bakteri dari daerah dubur masuk ke vagina.

4. Hindari terlalu lama memakai bawahan (rok, celana) yang ketat dan tebal,
seperti jeans. Hal ini dimaksudkan agar sirkulasi udara di area kewanitaan tidak terganggu.

5. Jagalah area keawanitaan tetap kering dan bersih.
Pilihlah celana dalam dari bahan yang lembut dan menyerap keringat, misalnya kapas. Vagina seperti anggota tubuh lainnya mudah berkeringat, apalagi jika tertutup terlalu lama. Jika vagina lembab maka bakteri akan tumbuh subur. Bakteri tersebut dapat menimbulkan bau kurang sedap dan risiko infeksi vagina.

6. Selalu menjaga kebersihan pada saat menstruasi.
Pembalut sebaiknya sering diganti untuk mencegah perkembangan bakteri. Pilihlah pembalut dengan hati-hati karena pembalut dengan daya serap tinggi terkadang memicu iritasi kulit. Jadi kalau kulit Anda sensitif, sebaiknya pilih pembalut yang lembut, terbuat dari bahan yang non-allergic serta bebas parfum.

7. Bagi Anda yang aktif secara seksual,
sebaiknya bersihkan area kewanitaan setelah berhubungan dengan pasangan. Hal ini dimaksudakan untuk menjaga kebersihan vagina dan mencegah transfer bakteri dari pasangan.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda, klik juga artikel cara menyempitkan vagina dalam 5 menit.

Powered by : Crystal X - Obat Keputihan