Mencegah Gatal Pada Vagina

WANITA DAN KESEHATAN - Masalah yang sering di hadapi oleh wanita adalah gatal pada vagina. Hal ini biasanya disebabkan kurangnya kebersihan di area kewanitaan. Selain faktor kebersihan, gatal pada vagina bisa dipicu beberapa infeksi seperti infeksi jamur, infeksi bakteri atau ISK (Infeksi Saluran Kemih). Berikut adalah cara alami mengatasi rasa gatal pada vagina, seperti dilansir Boldsky.


1. Kebersihan kelamin
Sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan kelamin. Kenakan celana dalam berbahan katun dan menggantinya minimal dua kali sehari untuk menghindari infeksi.

2. Hindari kontak dengan bahan kimia berbahaya
Hindari penggunaan sabun pembersih vagina yang memiliki aroma kuat. Bahan kimia dan wewangian dalam produk tersebut dapat menyebabkan gatal pada vagina. Jadi, pastikan Anda telah memilih sabun pembersih kewanitaan yang tepat dan sesuai dengan pH di area vagina.

3. Memangkas rambut kemaluan
Rambut kemaluan dapat menjadi rumah bagi banyak bakteri. Untuk itu, Anda perlu menghilangkan rambut kemaluan dengan teknik memotong, mencukur atau waxing.

4. Air
Dehidrasi juga dapat menyebabkan gatal pada vagina dan munculnya sensasi terbakar. Jadi, perbanyak minum air minimal 8-10 gelas sehari.

5. Makan yogurt
Anda juga dapat mengonsumsi yogurt untuk mengatasi rasa gatal pada vagina. Yogurt memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri.

Jika rasa gatal pada vagina semakin memburuk, segera hubungi dokter. Siapa tahu, ada masalah serius yang sedang Anda derita.

Powered by : Crystal X - Obat Keputihan
Photobucket